24 February 2009

SosMasy Holic Bersaudara

KAMMI Dep.Sos-Mas

Sebagai departemen yang berhubungan dengan masyarakat secara langsung, kegiatan yang acapkali diadakan oleh sos-mas masih terjebak ke hal-hal teknis dan bersifat sementara sehingga manfaat yang dirasakan untuk masyarakat hanya bertahan dalam jangka waktu yang singkat.

untuk menghadapi masalah tersebut, di perlukan beberapa strategi yang mampu membangkitkan semangat kader sosmas untuk lebih berjuang demi kemaslahatan ummat. Untuk menciptakan masyarakat yang mandiri harus mempunyai konsep yang matang agar mereka mampu bergerak untuk segera memperbaiki diri. KAMMI telah berhasil mengambil 'hati' masyarakat, sehingga hal itu memudahkan KAMMI untuk bergerak bersama dan menjalin kerjasama demi menuju perbaikan. Sekarang saatnya kita untuk membuat konsep yang lebih matang agar kemajuan untuk masyarakat segera terwujud.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah :

1. Sosmas harus lebih bisa membaur dengan masyarakat dan tidak terfokus hanya pada satu kegiatan. Misalnya, jika selama ini sos-mas fokus hanya pada BAKSOS sekarang harus lebih berkembang misalnya memberikan pelatihan yang masyarakat butuhkan untuk meningkatkan taraf & keterampilan kehidupan masyarakat.

2. mengajarkan mereka untuk lebih mandiri. Seringkali kita hanya memikirkan suatu kegiatan hanya saat kegiatan itu berlangsung. Dampak untuk jangka waktu yang lama belum terpikirkan. Padahal untuk membuat mereka lebih maju, kita harus membuat gebrakan. misalnya, kita bukan hanya memberikan IKAN, tapi kita juga harus memberikan KAIL. sehingga masyarakat bisa mengembangkan diri walau tanpa kita. karena kita tidak selamanya berada disamping mereka.

3. Memberi pandangan bahwa kehidupan bisa berubah. Kemiskinan bisa dilawan apabila kita mempunyai keinginan kuat untuk keluar dari belenggu kemiskinan. Usaha untuk berubah akan membuahkan hasil apabila diikuti dengan tindakan yang nyata.

4. Tekad yang bulat untuk para kader. Sebesar apapun rencana yang tersusun rapi akan hilang tak bermakna apabila kurang tekad maupun semangat.


Semangat !!

kerjasama yang baik antar kader akan meningkatkan mutu kerja sosmas. menjalin persaudaraan dengan pihak manapun juga dibutuhkan. Karena untuk melaksanakan jalan menuju perbaikan masyarakat diperlukan kerjasama dengan semua elemen masyarakat.


perubahan kecil menuju perbaikan yang besar (pernah denger kata-kata ini, tapi dimana ya??) harus dilakukan.


Seip.. seip..
sosmas..
semangad selalu !!

No comments: