04 February 2009

masih panjang

Postingan sebelumnya, aku sempat berapi-api dan emosi menanggapi sikap teman-teman ku yang susah banget diajak kumpul. Kali ini aku belajar berpikir lain. Mungkin banyak hal yang membuat mereka sering tidak hadir untuk rapat bareng. ada banyak kemungkinan.

Aku jadi inget salah satu kata kakak ku. dia bilang HIDUP ITU PILIHAN. itu benar ! pilihan akan arah hidup itu ditentukan oleh individu masing-masing. Dan mereka memilih untuk berjalan dengan pilihan mereka. Dan setiap pilihan itu mengandug resiko. Kali ini mereka telah menunjukan arah pilihan mereka. Mau jadi apapun kita kelak, itu tergantung apa yang kita lakukan hari ini.

Sekarang aku akan tetap jalan dan bersemangat. sesuai dengan saran yang telah diberikan padaku " SABAR, INI SEMUA PEMBELAJARAN. GA ADA ORGANISASI MAHASISWA YANG SELALU ONTIME. YAKINLAH.. YANG PENTING, NGARETNYA ITU BUKAN KARENA KITA. GITU AJA. SAKIT HATI ITU PASTI, TAPI COBA DIKOMUNIKASIKAN BAIK-BAIK, GA PAKE MENGGURUI APALAGI EMOSI"

Yup !
Dengan massa yang sedikit bahkan minus, seharusnya tidak akan berpengaruh bagiku. bukankah sedikit asal berkomitmen itu lebih baik dari pada beratus-ratus tapi tak berguna. Aku hanya berharap suatu saat mereka kembali dan sadar bahwa kita punya tanggung jawab bersama untuk membuat keadaan menjadi lebih baik.

Berharap dan memupuk semangat yang tinggi kepada anggota yang tersisa itu jalan terbaik. dari pada emosi dan menggerutu. Sikap seperti itu hanya akan memperkeruh suasana. Dan yang pasti belajar menerima keadaan dengan ikhlas akan selalu mampu memompa semangat.

Akhirnya, benar kata-kata yang sering diucapkan JALAN INI MASIH PANJANG. Jika yang ada saat ini malah tidak bisa menguasai keadaan, lalu siapa lagi ?

Masih sering sekali sikap minus yang aku tunjukan dalam menghadapi masalah, sepertinya aku terbiasa mengedepankan emosi dalam bertindak. hal-hal seperti ini hanya akan merugikan diriku sendiri. Harus cepat diperbaiki, sebelum hal buruk itu mengakar dan membudaya.

No comments: