31 January 2009

Program TV

Akhir-akhir ini aku sering banget melototin acara TV yang makin hari makin aneh. Jauh dari edukatif. Padahal rata-rata masyarakat banyak yang menghabiskan waktu didepan TV. Ini belum apa-apa klo yang nonton itu sudah masuk dalam kategori dewasa ( walopun belum bisa menyaring program yang ditonton)

Kalo anak-anak yang selalu memasukan semua info yang dia dapat tanpa disaring terlebih dahulu gimana?? sepupuku kali ini jadi korbannya. setiap hari dia udah duduk manis didepan TV. Dan paling seneng klo ada acara MISTERI yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta. Di acara itu, manusia seolah punya banyak kesaktian. mulai dari bisa berubah jadi raksasa, jadi putri yang baik hati, bisa terbang, bisa menghilang dan timbul sesukanya, bisa mengeluarkan kekuatan seperti cahaya, bahkan punya rumah yang berlantaikan air.

Dan riset membuktikan Anak Indonesia adalah penonton TV terlama, disusul Amerika, Australia dan paling rendah Kanada.

Akhh..
kasian mereka !!


Dan sekarang sedang tren sinetron Islam. judulnya HAREEM tayang setiap malam jam 8an. Disinetron itu, digambarkan klo Islam sangad EKSTRIM. yang dengan mudah menjatuhkan hukum RAJAM. Padahal hukuman rajam tidak bisa sembarangan dijatuhkan. harus memenuhi beberapa persyaratan. Hukum rajam juga tidak bisa dijatuhkan hanya berdasarkan sangkaan dan dugaan. ada lagi Hukum potong tangan klo sampe ketahuan mencuri. dan tokoh utama yang memiliki empat istri yang salah satunya dibawah umur dan tidak ikhlas dinikahi.Bener-bener Sinetron yang membingungkan. Apalagi kerasnya aturan yang diterapkan sang ABI (tokoh utamanya). sedangkan tokoh utama wanitanya diperankan oleh orang NONI (Non islam)

weleh weleh..
yang tidak paham Islam bisa beropini buruk tentang islam neyh..

Dan ada lagi sinetron yang pemeran utamanya selalu mendapat perlakuan buruk, tapi NRIMO aja. Yang selalu tertindas tanpa melakukan perlawanan.Inikan mengajarkan kepada masyarakat untuk pasrah pada keadaan dan berharap keajaiban datang. Dan permasalahannya Apa lagi klo bukan masalah perebutan harta. Yang awalnya miskin mendadak kaya karena mendapat warisan yang besar. Belum lagi sinetron remaja yang menawarkan INDAHNYA PACARAN. Budaya anak sekolah yang datang kesekolah hanya untuk ajang GAUL.

Well, berharap semua hal-hal yang dapat membodohi masyarakat segera berakhir..

Masih banyak hal yang bermanfaat yang bisa ditayangkan di TV. Bukan program-program yang hanya menjual mimpi, jauh dari realita. Bukan acara yang hanya menghibur tetapi juga mengandung unsur pelajaran yang bisa diambil oleh penontonnya.

Klo begini terus, kapan Indonesia bisa maju ??!

Menang hanya pada USIA kemerdekaan, tapi secara budaya masih terjajah dan kian memprihatinkan.


*CINTA INDONESIA*

No comments: