04 November 2011

Gratis itu emang nyenengin !


Ada banyak buku yang ingin saya miliki. Ngilernya luar biasa. Tapi apa boleh buat. belanja buku belum memungkin untuk dompet saya :(
jadi saya cuma bisa menatap dengan miris salah satu website toko buku online.
malah makin mupeng saya.

iseng-iseng jalan-jalan didunia maya. saya menemukan situs yang menyediakan ebook segala jenis novel TOP ! dan pengarang yang keren pulak. baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

tergoda untuk mendonlot ? Pasti !
saya pun telah mendonlot salah satu novel.
tapi koq mendadak muncul perasaan bersalah. Kapan penulis Indonesia akan mapan jika pembacanya maunya gratisan mulu. Bayangkan berapa ruginya dia jika pembaca yang seharusnya membeli bukunya dan ia mendapatkan fee royalti jadi hilang karena mereka lebih memilih mendonlot ebook gratis. Jelas sangat rugi !
apa lagi di Indonesia kegemaran dalam membaca masih sangat amat tipis. ditambah lagi kecurangan dengan mendonlot ebook novel mereka.

saya pernah bercita-cita jadi penulis. Sejak saya SD saya sudah menulis dongeng versi imajinasi saya yang saya peroleh dari membaca buku cerita rakyat dan majalah putri duyung yang sangat terkenal, Ariel dari Walt Disney. bahkan saking cintanya sama putri duyung itu, saya ingin bernama sama dan memiliki rambut tergerai merah panjang nan berombak seperti putri duyung itu. tapi keinginan itu lenyap saat saya mulai menyukai Nirmala di majalah Bobo. seperti Nirmala lebih anggun dan punya kaki. lebih bisa saya ikuti dari pada putri duyung.

Bobo bertahan hingga sekarang, Putri Ariel pun masih sering saya lihat dimajalah disney. Mereka tetap eksis hingga kini. tentu saja itu berkat pembaca yang tetap setia membeli bukunya. Bukan hanya bermodal donlot.

Saya putuskan, untuk tidak mendonlot dan tetap membeli buku asli novelnya. Walau bagaimanapun, memiliki buku aslinya lebih memberikan kepuasan tersendiri. yang nanti dapat saya wariskan kembali kepada penerus keturunan saya. :D dan itu rasanya lebih melegakan. tidak terkesan curang dan lebih terhormat.
*gaya*

No comments: