18 April 2012

Dunia Baru

pasca magang, saya ditawari bekerja disebuah perusahaan shipyard.
namanya juga shipyard. jadi berkutat masalah kapal-perkapalan.
saya sama sekali tidak mengerti dunia ini. berhubung pekerjaanya simpel. hanya duduk depan komputer kemudian mengikuti arahan dari bos. apa yang ia inginkan. itu yang saya kerjakan. maka saya terima tawaran ini.

semula kantor ini sangat sepi. hanya berisi beberapa staff. itupun jarang sekali masuk.
namun setelah dipindah kegedung sebelah.
barulah ramai penghuni. Disinilah saya bertemu dengan berbagai tipe orang.
ada yang sering mengeluh, sering berbicara dibelakang, pendiam, dan aneka jenis lainnya.
kami disini hanya berstatus CLIENT. jadi saya tak punya garis perintah apapun terhadap bos-bos disini. saya hanya menangai satu bos dan pekerjaan saya pun sangat ringan.

Kebiasaan mengeluh ini sungguh menjengkelkan.
mengeluh karena mesin print dan fotocopy yang 'agak' jauh. Padahal masih satu tempat. Berjalan pun hanya membutuhkan sekitar 15 langkah. Karena dilihatnya rekan kerja yang memiliki printer dimejanya sendiri jadi sering membandingkan. ini pun sering dijadikan bahan keluhan. padahal menurut cerita, dia sudah keliling mencari pekerjaan dan merasa beruntung bekerja diperusahaan ini. Beruntung koq sering ngeluh -________-
bukan hanya menularkan aura negatif, namun kebiasaan mengeluh ini sungguh merepotkan dan tidak enak didengar.

Ada pula yang tipe berbicara dibelakang. segala hal di bicarakan. semua sifat orang, kebiasaan dll. seolah-olah sedang memprovokasi untuk membenci sii korban beramai-ramai. Dan yang jadi objek pembicaraan adalah BOS. ini pun tak kalah memuakkan. apalagi hanya berstatus staff bawahan. berani sekali membicarakan bos. Idih !

Semestinya, walau tidak mendewakan BOS. namun kita harus mempunyai sikap hormat kepada mereka. sapaan selamat pagi, senyuman, basa-basi menawarkan bantuan. ini bukan hal yang sulit dilakukan menurut saya. tidak juga langsung menjatuhkan harga diri.

Namun itulah manusia.
dibesarkan dalam lingkungan berbeda, dalam pemahaman yang beraneka, dalam interaksi yang beragam. Dan output nya pun akan beraneka jenis.

Harus mulai ancang-ancang membatasi diri dalam bergaul neh.
memilah mana yang tak membawa dampak buruk.
Dan memilih mana yang bisa memberi aura positif :)

No comments: