01 January 2009

memaafkan N minta Maaf Itu sulit..

saat tersulit dalam hidup ini adalah menerima sesuatu yang tidak kita senangi dengan pengertian. Kadang kesalahan orang yang (tentu saja tidak berkenan dihati)sulit diterima dengan ikhlas. amarah bahkan kadang menjadi dendam seolah sesuatu yang wajib sebagai ajang pembalasan.

aku sempat terpikir, andaikan semua orang bisa menerima maaf tanpa menuntut balas. Mungkin POLISI bakalan nganggur. secara semuanya aman terkendali. Tapi itu sulit, kadang memaafkan mungkin sempat tebersit dibenak. Tapi dihati ? belum tentu. malah bakal membekas jelas di ingatan. dan sudah memaafkan saja itu sudah luar biasa. apa lagi sampai melupakan. itu sulit sekali temand !

kesalahpahaman kadang menimbulkan permusuhan yang abadi. memaafkan seolah hal yang sangad mahal. tapi adakah manusia didunia ini yang luput dari KESALAHAN ? sehingga semua menuntut kesempurnaan.

adakala, permintaan maaf telah terlontarkan. tapi MAAF tak kunjung dikantongi. Mengapa semua itu SULIT ?
atokah kita yang mempersulit diri sendiri karena ego ? Minta maaf adalah langkah awal untuk memperbaiki diri dengan niad tulus. toh, kesalahan bisa saja terjadi pada setiap orang !

rasa saling membutuhkan tertutupi dengan sikap amarah. pertemanan yang terjalin tak lagi seindah dulu. dan seolah kesalahan yang telah diperbuat lebih BESAR dari pada kenangan yang telah terjadi. Sayang sekali..

Marie coba berdamai dengan teman yang lagi rusak komunikasinya :

1. Ingat lagi saat pertama kali kita mengenal dia dan tulis kronologis perkenalan itu, dari mulai kenalan sampai pertengkaran terjadi
( SMP, awal aku mengenalmu, saat kerjasama memainkan piano keyboard untuk tugas kesenian kita. itu DUET paling YAHUD diantara kita)

2. Buat Daftar 7 hal rugi dan untungnya musuhan sama dia
( terlalu banyak keuntungan bertemu dengan mu, sampe kerugian pun tak terpikir)

3. Coba berdamai dengan tersenyum duluan saat berpapasan, melambaikan tangan (walo gag di balas, sedih )atau membela dia ditengah kesulitan.

4. Putar lagu ato tonton film kesukaan dia. dengan begitu kita bisa memutar waktu sejenak.
( VIRGIN, -film Laudya C. Bella- pertama kali kita NONTON bareng)

5. segera minta bantuan pihak ketiga klo usaha kita gag sukses
(dan usaha ku gagal, temand)

6. kirimin dia kartu "hari teman" ato 'Baikan Yuk !' dengan kata-kata yang lucu
(belum pernah coba)

7. klo dia tetep keukeuh gag mau baikan. serahkan pada ALLAH semoga hatinya diberi ketengan dan kelunakan untuk menerima kita kembali

hal-hal diatas, berharap bisa membawa kembali untuk menemukan pertemanan yang sempat menghilang

IF YOU WANT PEACE, STOP FIGHTING. IF YOU WANT PEACE OF MIND, STOP FIGHTING WITH YOUR THOUGHTS -Peter Mc Williams-

buad mu :
sahabat kecilku yang sulit menerima maafku..

Love U..

No comments: