08 December 2013

Ada Luka diantara Mulutmu

Benar tentang pepatah “LIDAH LEBIH TAJAM DARI PEDANG” seringkali kita menyakit orang sekitar kita dengan goresan lidah yang tak mampu diredam. Luka ini, bahkan tak akan sembuh oleh obat manapun, dan dalam jangka waktu berapapun. Hanya ikhlas yang mampu menghapusnya.

Tidak sedang sok bijak, namun aku menyadari bahwa kesulitan yang tak pernah mampu aku lalui adalah mengontrol lidahku. Lidah ini juga kadang mengundang duka. Baik duka yang aku peroleh dari orang lain, atau yang kuciptakan sendiri.

 

Dilingkungan pekerjaan ini, aku harus meningkatkan berlipat-lipat tingkan ke-CUEK-anku. Aku tak bisa menghiraukan setiap pernyataan ‘pedas’ yang kudapat. Tak akan pernah benar. Karena itu, topic yang paling tak kusukai dan menduduki peringkat pertama serta tabu dibicarakan adalah “membicarakan pekerjaan diwaktu santai” karena ini akan merusak mood.

Kadang, diam adalah solusi terbaik. Jangan pernah mengeluh kepada manusia !

Karena mereka pun belum tentu peduli. Mereka juga punya keluhan yang ingin didengar. Mereka juga muak dengan keluhan. Walau ada diantara mereka yang tulus mendengarkan keluhan tanpa solusi mu.


Jaga hati, jangan kerdilkan hati. Jangan biarkan hati melemah dan terbentuk perasaannya akibat mulut orang lain. Mereka tidak berhak menentukan sikapmu, jika kau yakini benar. Lakukan ! jikah salah ? belajarlah dari kesalahan dan jangan bodoh untuk mengulanginya kembali.

No comments: