17 April 2012

Reshuffle

Setelah tiga tahun bersama dalam lingkaran mengaji. kali ini kami harus di-reshuffle.
sepertinya sedang ada perombakan massal. karena setelah diteliti lebih jauh rata-rata semua tim kena reshuffle.
saya bersama dengan tim ini sudah tiga tahun. kaderisasi pun mengingatkan idealnya sudah harus diganti guru ngaji 2 kali.
namun saya tidak pernah tahu berdasarkan apa penggantian dan perubahan tim ngaji kami diganti.
memang ada sesuatu yang bisa dipertanyakan.
namun ada juga tidak bisa dipertanyakan hanya bisa 'didengar dan diikuti'

perpisahan kali ini berat.
rasanya akan berpisah dari saudara dekat untuk jangka waktu yang lama.
saya sempat menangis.
walau bagaimanapun saya dan kami semua sudah begitu dekat, baik dengan sesama anggota maupun dengan guru ngaji saya.
tapi berkali-kali guru ngaji saya menguatkan. ini adalah 'keharusan' untuk kedepan yang lebih baik.
malam itu, pertemuan paling malam yang pernah saya ikuti.
rasanya masing-masing dari kami tak ingin beranjak dari rumah guru saya itu.
semula semua nampak tegar.
namun saat untaian kata dilontarkan satu per satu kami pun mulai tertunduk.
ada pulak yang sesenggukkan.
ada yang menutup muka.
suasana haru sangat terasa.

mungkin ini pergantian tim pertama saya.
maka terasa sangat berat.
kami pun saling menasehati.
agar menjadi pribadi yang lebih baik.

biasanya setiap minggu bertemu dengan sii mbak. skrg tidak. akan bertemu mungkin dilain kesempatan diluar pekanan.

Dia bukan saudara kandung, tapi mampu mencintai seperti saudara sendiri.
bukan guru, namun mengajarkan segala hal yang tak pernah saya dapatkan dari guru pendidikan formal saya.
dia bukan orang tua saya, namun merawat dengan penuh kelembutan saat saya sakit dan tak ada orang disekitar.
bukan kakak, namun mampu berperan seperti kakak yang menjaga dengan sigap.
saya mengingat dengan baik masa-masa saya dengan guru ngaji saya ini.

dan saya harus terbiasa dengan kelompok baru.
mereka saudara baru saya.
mereka pun mendapatkan hak yang sama untuk dicintai :)

3 comments:

nophe said...

ditransfer itu hal biasa dlm Tarbiyah :)

ntar bakalan nemu berbagai macam pengalaman yg akan mematangkan qt di dunia Tarbiyah ni Des....

pengalaman apa sajakah itu?????

nophe said...

ditransfer itu hal biasa dlm Tarbiyah :)

ntar bakalan nemu berbagai macam pengalaman yg akan mematangkan qt di dunia Tarbiyah ni Des....

pengalaman apa sajakah itu?????

nophe said...

ditransfer itu hal biasa dlm Tarbiyah :)

ntar bakalan nemu berbagai macam pengalaman yg akan mematangkan qt di dunia Tarbiyah ni Des....

pengalaman apa sajakah itu?????