11 August 2010

Catatan Kecil diawal Ramadhan

Halo.Halo.
Gimana puasa pertamamu kawan ?
aman terkendalikah ?

semangat. semangat.
capaii mutaba'ah yaumiyah ramadhanmu. jangan biarkan sampe kosong.
:)

sudah dua malam ini taraweh berjamaah di setiap masjid dilaksanakan. Saya pun turut menyemarakkan dalam rangka menghimpun pahala untuk bekal jangka panjang nanti di hari akhir.
:)

sebenernya, akhwat di anjurkan untuk taraweh dirumah, namun bagi saya pribadi lebih baik berjamaah di masjid, menghindari kebosanan dalam membaca surat-surat pendek saat saya taraweh sendiri. Lagian berjamaahkan pahalanya lebih banyak dari pada sholat sendiri.

betul kan ?

mungkin maha guru sekalian sudah lebih jago dibandingkan saya dalam hal pengetahuan agama.

sebenernya hal yang ingin saya posting kali ini adalah keadaan yang mungkin akan mengurangi kenikmatan kita dalam berjamaah di masjid.
oke..
kita mulaii.

SAJADAH.

Memang enak punya sajadah lebar, tebal berbahan lembut,berornamen indah. Gambar-gambar masjid yang ada disajadah tentu enak dipandang mata. Tapi berdasarkan keadaan lapangan, sajadah dengan tipe tersebut hanya nikmat saat dipake sholat sendirian. Jika berjamaah, maka shaff sholat akan renggang. tidak lagi lurus dan berdempetan bahu saling menyentuh. saya pun bingung menyikapi keadaan seperti itu. Ibu disebelah saya membentang sajadah lebar yang bisa dijadikan selimut bagi saya, ibu sebelah saya diam tak bergeming padahal posisi disamping saya renggang. Mendempetkan diri dengan ibu bersajadah lebar, sebelah saya ibu bersajadah sedang tak ikut menggeser ke arah saya. klo diisi satu orang lagi nanti gg bisa duduk tahiyat akhir. Nah looh.. sayapun melebarkan bentangan kaki saya agar kami bisa saling berdempetan. Tapi tetap saja gagal. :(
padahal ada hadist yang mungkin sering kita dengar :
“Luruskan shaff kalian karena lurusnya shaff merupakan bagian dari kesempurnaan shalat (berjama’ah)” (HR. Muslim nomor 433).

itu masalah shaff. belum lagi saat konsentrasi sholat. mata saya tertuju pada ukiran sajadah yang indah.
waduh..
Sajadah itu kadang sukses mencuri perhatian saya. Klo begitu merem sajalah.

ternyata sajadah indah, lebar dan bergambar bagus tidak menjamin sholat kita akan lebih khusyuk. Maka gunakanlah sajadah yang sedang. Tidak terlalu lebar, warna tak terlalu mencolok, ukiran sederhana. demi kenyamanan bersama. kita mungkin tak akan terpesona, tapi belum tentu saudari samping kiri-kanan kita.

(tadi perasaan yang ingin saya tulis banyak deh tentang catatan diawal ramadhan ini. Tapi koq saya tak inget lagi ya. Sudah berusaha mengingat tetap saja yang ingat hanya SAJADAH. hehehe. Laen kali klo mendadak saya ingat. akan segera saya posting)

itu saja catatan kecil saya tentang taraweh diawal ramadhan. semoga kita bisa memanfaatkan momen ramadhan ini dengan bijak. Agar tak merugi.
Amiin..

-hanya ingin sharing, jika terdapat kesalahan atau perpedaan presepsi, pandangan mohon maaf. silahkan dikoreksi. Tidak bermaksud menggurui. Hanya ingin menyampaikan unek-unek-

No comments: